|  | KELAS KARYAWAN PROGRAM S1, D3, S2 - PROGRAM BLENDED |  |
| Telp Bebas Pulsa : 0800 1234 000 |
Lihat juga : » Program Studi Lainnya| Nama Program Studi | : | Manajemen Bandar Udara (D-3) | | Rumpun Ilmu | : | Ilmu Transportasi Udara | | Konsentrasi / Kekhususan / Peminatan | : | | | Gelar / Sebutan Lulusan | : | | | Singkatan Gelar sesuai EYD | : | A.Md.M.B.U. | | Singkatan Gelar yang populer | : | | | PTS Penyelenggara | : | -------- | | Beban Studi dan Masa Studi : | Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke D3 Manajemen Bandar Udara | Beban Studi = 110 - 116 sks | Masa Studi = 6 semester | Lulusan D2, D1, pindahan melanjutkan ke D3 Manajemen Bandar Udara | Beban Studi = dihitung dari sisa sks | Masa Studi = dihitung sisa sks |
| | Kurikulum / Mata Kuliah | : | Lihat di bawah ini | | Prospektus | : | Lihat di bawah ini | (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja / Karir Lulusan) |
Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).
Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.
Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.
Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Manajemen Bandar Udara (D-3) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.
| Prospektus D3 Manajemen Bandar Udara | Menjadi Program Studi MBU (Manajemen Bandar Udara) Yang Unggul, Modern Dalam Mengembangkan Ilmu Pengetahuan MBU (Manajemen Bandar Udara) yang berbasis kompetensi penerbangan baik nasional maupun internasional.Kompetensi Lulusan D3 Manajemen Bandar Udara Program Studi Diploma III Manajemen Bandar Udara (MBU) adalah lulusan yang memiliki sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh penyelenggara pendidikan dan sertifikat kecakapan personil yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, dan mempunyai kemampuan : -Mampu menangani pengangkutan barang dan / atau barang berbahaya, -Melaksanakan pengoperasian dan pemeliharaan peralatan fasilitas keamanan penerbangan sebagai sarana penunjang dalam keamanan penerbangan, -Mempersiapkan dan melaksanakan rencana penerbangan, -Melaksanakan Airline Reservasi dan Ticketing. Menyelenggarakan pendidikan tinggi MBU (Manajemen Bandar Udara) yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan global, dengan: Melaksanakan pendidikan Manajemen Bandar Udara yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan personil penerbangan yang profesional, kompeten, disiplin, bertanggung jawab dan memiliki integritas. Merekonstruksi dan mengembangkan Ilmu MBU (Manajemen Bandar Udara) melalui riset yang berkualitas. Melaksanakan penelitian dan menyebarluaskan hasil penelitian serta pengembangan keilmuan Manajemen Bandar Udara yang berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang bersifat pemecahan masalah-masalah manajemen penerbangan serta berperan aktif dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat.
Lulusan program studi D3 Manajemen Bandar Udara memiliki kualifikasi untuk menjadi profesional di bidang manajemen penerbangan.Profesi dan Karir Lulusan D3 Manajemen Bandar Udara Sarjana Manajemen Bandar Udara dapat bekerja dan berkarir sebagai :
- Air Operation & Services
a. Apron Movement Control (AMC)dapat menunjukkan fasilitas dan fungsinya masing-masing 1. dapat menunjukkan prosedur kegiatan pada sisi udara. 2. dapat mengoperasikan fasilitas yang digunakan.
b. Pertolongan Kecelakaan Penerbangan 1. dapat menunjukkan jenis dan penyebab kecelakaan penerbangan. 2. dapat menunjukkan jenis dan cara kerja fasilitas yang digunakan. 3. dapat menunjukkan cara memberikan pertolongan.
c. Pemadam Kebakaran (PK) 1. dapat menunjukkan jenis dan penyebab kebakaran. 2. dapat menunjukkan jenis dan cara kerja fasilitas pemadam kebakaran. 3. dapat menunjukkan cara kerja pemadam api kebakaran di bandar udara.
d. Pengamanan Bandar Udara 1. dapat menunjukkan jenis dan cakupan bahaya yang dihadapi. 2. dapat menunjukkkan jenis dan cara kerja fasilitas pengamanan bandar udara. 3. dapat menunjukkan cara kerja bidang pengamanan bandar udara.
- Air Traffic Controler (ATC)
a. Aerodrome & Approach Control 1. dapat menunjukkan pola lalu lintas udara di sekitar bandar udara (take off, landing, approach). 2. dapat menunjukkan jenis & cara kerja fasilitas pengawasan (LLU) Bandar udara (tower controlling). 3. dapat menunjukkan cara kerja pengawas (LLU) bandar udara (tower controlling).
b. Area Control & Flight Information 1. dapat menunjukkan pola lalu lintas udara antarterminal 2. dapat menunjukkan jenis dan cara kerja fasilitas pengawasan kawasan (area control) 3. dapat menunjukkan jenis dan jaring informasi penerbangan 4. dapat menunjukkan jenis & cara kerja fasilitas pengawasan dan informasi (LLU) 5. dapat menunjukkan cara kerja pengawas dan penyedia informasi (LLU)
c. Sanitasi & Hygiene 1. dapat menunjukkan peran sanitasi dan hygiene bandar udara 2. dapat menunjukkan jenis dan cara kerja fasilitas yang digunakan atau yang terkait 3. dapat menunjukkan cara kerja bidang sanitasi dan hygiene bandar udara
d. Financial Controll 1. dapat menunjukkan cara menghitung biaya operasi perusahaan bandar udara 2. dapat menunjukkan cara menghitung pendapatan perusahaan bandar udara
| Mata Kuliah D3 Manajemen Bandar Udara | * = Mata Kuliah Pilihan Kekhususan / Pilihan Umum
| Mata Kuliah | SKS | | Pancasila | 2 | | Bahasa Inggris Penerbangan | 2 | | Kesehatan Lingkungan Bandara | 2 | | Radiotelephony | 2 | | Air Traffic Services | 2 | | Airport Emergency Planning and Fire | 2 | | Fighting | 2 | | Facilitation | 2 | | Kebandarudaraan | 2 | | Rules and Regulation | 2 | | Bahasa Inggris (IELP) | 2 | | Heliport and Waterbase | 2 | | Meteorology | 2 | | Kargo dan Pergudangan | 2 | | Marshalling | 2 | | Basic Aviation Security | 2 | | Dangerous Goods | 2 | | Search and Rescue | 2 | | Kewarganegaraan | 2 | | Bahasa Indonesia | 2 |
| | Mata Kuliah | SKS | | Basic Apron Movement Control | 2 | | Aerodrome Reporting Procedure | 2 | | Passanger and Baggage Handling | 2 | | Ramp and Aircraft Handling | 2 | | Beacukai, Imigrasi dan Karantina | 2 | | Agama | 2 | | Sistem Informasi Manajemen Bandar Udara | 2 | | Airport Planning and Terminal Capacity | 2 | | AMC Advance | 2 | | Airport Collaboration and Decision Making | 2 | | Junior Aviation Security | 2 | | Operasi Bandar Udara | 2 | | Metodologi Penelitian | 2 | | On The Job Training I AVSEC & DG | 2 | | On The Job Training II AMC & Marshalling | 2 | | Statistika | 2 | | Manajemen SDM | 2 | | Bisnis Bandar Udara | 2 | | Pelayanan Bandar Udara (Airport Services) | 2 | | Jasa Bandar Udara (Airport Revenues) | 2 | | Safety Management Systems & Human | 2 | | Factor | 2 | | Tugas Akhir | 2 |
| |
|
|
|
|
|
| |