Sejarah dan Kebudayaan Timur Tengah,Bahasa Arab Pariwisata,Manajemen penyelenggaraan Haji dan Umrah,Strategi Pemasaran Haji, Umrah dan wisata religi,Sistem Informasi Haji Terpadu,Teori dan Praktek Perjalanan Haji-Umroh,Manajemen Hotel Syariah,Manajemen Wisata Religi,English for Tourism,Guiding and Tourist Guide,Pariwisata Berkelanjutan,Servis Excellent Bussines
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke S1 Manajemen Dakwah
Beban Studi = 144 - 152 sks
Masa Studi = 8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke S1 Manajemen Dakwah
Beban Studi = 40 - 46 sks (bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi = 3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke S1 Manajemen Dakwah
Beban Studi = dihitung dari sisa sks
Masa Studi = Dihitung sisa sks
Kurikulum / Mata Kuliah
:
Lihat di bawah ini
Prospektus
:
Lihat di bawah ini
(Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja / Karir Lulusan)
Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).
Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.
Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.
Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Manajemen Dakwah (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.
Prospektus S1 Manajemen Dakwah
Manajemen Dakwah berkembang sejalan dengan era globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan pemahaman tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah-masalah manajerial. Mempersiapkan tenaga dakwah yang memiliki kemampuan manajerial dalam mengelola pendidikan persekolahan, madrasah dan pasantren,Mendidik dan melatih calon lulusan agar memiliki wawasan yang luas sehingga mampu merespon perubahan pendidikan secara lokal, regional dan global,Mempersiapkan lulusan yang dapat mengelola pendidikan secara demokratis.
Tujuan Manajemen Dakwah
Mahasiswa mampu memiliki akhlak yang mulia dan mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari hari
Mahasiswa mampu mengimpelemtasikan nilai sosial dan manajemen Dakwah
Mahasiswa mampu mengimplemtasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang penelitian Manajemen Dakwah baik ditingkat regional maupun internasional
Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pengabdian masyarakat
Mahasiswa mampu mengembangkan manajemen dakwah yang inovatif dan kreatif
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.
Program studi Manajemen Dakwah menyiapkan lulusannya untuk memasuki lapangan pekerjaan berbasis bisnis maupun non bisnis, nasional dan internasional, sebagai tenaga profesional di bidang keuangan, pemasaran (marketing), SDM (sumber daya manusia), operasional serta sebagai pengusaha. Jurusan Manajemen Dakwah menyelenggarakan program sarjana dalam bidang kewirausahaan dan pengelolaan bisnis syariah melalui tahap pendidikan akademik dan aplikatif. kompetensi yang dihasilkan adalah berkemampuan dalam membaca pelluang dan mengendalikan bisnis secara personal maupun kelompok secara profesional
Kompetensi Lulusan S1 Manajemen Pendidikan Islam
Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.
Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb.
Kompetensi dasar Sarjana Manajemen Dakwah adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Program Studi Manajemen Dakwah memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Manajemen Dakwah
Sarjana Manajemen Dakwah dapat bekerja dan berkarir sebagai :
Entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.
Pegawai Negeri Sipil,Guru MI/SD, MTS/SLTP dan MA/SMU,Administrasi Sekolah,Pemikir dan pengamat Pendidikan,Penyuluh/Konselor Keagamaan
Dengan adanya mata kuliah Manajemen Wisata Religi, mahasiswa juga memiliki peluang besar untuk menjadi pemandu wisata baik di tempat wisata religi maupun umum
Mata Kuliah S1 Manajemen Dakwah
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan